Kawasan Industri Bekasi-Karawang Diserbu Perusahaan Asing

CIKARANG TIMUR - Daerah timur Bekasi, CiKarang hingga Karawang mulai berkembang sebagai kawasan industri dengan tingginya permintaan. Penyebabnya, kawasan industri yang segera dibangun ini akan dikelola pihak asing. Jadi, sisi infrastruktur dan manajemennya jauh lebih bagus dari kawasan industri di wilayah barat.

Industrial Services Senior Associate Director Colliers International Rivan Munansa mengatakan hal tersebut. "Kalau rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, berjalan baik, pengiriman barang bisa langsung ke Pelabuhan Cimalaya, tidak perlu ke Tanjung Priok, Jakarta. Ini merupakan salah satu daya tarik perkembangan industri ke wilayah timur Jakarta," ujarnya belum lama ini.

Bahkan, sudah terdengar rencana perpindahan beberapa industri yang berada di Pulo Gadung dan Sunter ke Karawang dan CIKARANG. Beberapa industri sudah membeli lahan di dua daerah ini. Akan tetapi, kondisi lahan di wilayah timur sebenarnya terbatas. "Malah bisa dibilang tidak ada lahan yang available. Keterbatasan lahan di sini dalam artian lahan yang siap dibangun," ungkap Rivan.

Perusahaan yang membeli lahan di kawasan industri Karawang menggunakan mekanisme pre komitmen. "Pemasaran lahan untuk industri melalui pre komitmen tidak terpengaruh dengan aturan pembiayaan karena kebanyakan yang beli perusahaan asing yang mendapat suplai pembiayaan besar langsung dari head office," ujar Rivan. (Iqbal Musyaffa) pks | cikarang timur

*http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/01/09/2/206519/Kawasan-Industri-Bekasi-Karawang-Diserbu-Perusahaan-Asing

0 Response to "Kawasan Industri Bekasi-Karawang Diserbu Perusahaan Asing"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: