Obat Galau Paling Mujarab

“Galau” satu kata yang saat ini tengah tenar di kalangan masyarakat khususnya  kawula muda, namun anak-anak dan orang tua pun tak mau ketinggalan. Saat ini galau menjadi suatu penyakit yang tak lagi asing, seseorang yang sedang galau mereka cenderung merasa resah, bimbang dan cemas. 


Kebanyakan penyakit ini muncul karena manusia semakin jauh dari Allah, mereka lupa bahwa Allah Maha Mendengar keluh kesah manusia, mereka lupa bahwa Allah akan selalu ada jika hambaNya menyebutNya, dan pada satu titik terjauh seorang hamba dengan Allah ia bisa melakukan apapun yang tanpa mereka sadari. 
 
                Jangan pernah merasa sendiri, karena pada saat kita sendiripun ada Allah disamping kita, ada Allah yang akan selalu membimbing kita. Bahkan disaat tiada lagi pundak yang dapat kita jadikan untuk bersandar dikala sedih melanda, masih ada lantai untuk kita dapat bersujud bersimpuh memohon kepadaNya. Mengapa saat ini banyak manusia melupakan Tuhannya?, padahal Allah telah memerintahkan manusia untuk berdo’a dan meminta kepadaNya. 
 
Ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah. “Wahai Rasul apakah Tuhan kami dekat sehingga kami membisikiya? Atau Ia jauh sehingga kami menyeruNya?”. Kemudia turunlah surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”
 
                Dari ayat di atas dapat dipahami bahwa Allah dekat dengan hamba-hambaNya dan Ia senantiasa mengawasi apa yang mereka lakukan. Bisa saja seseorang bersembunyi dari orang lain, akan tetapi ia tidak akn bisa bersembunyi dari Allah, karena tidak akan ada tempat bersembunyi yang paling aman dari Allah. Ia tahu dan melihat apapun yang mereka lakukan. 
 
                Poin lain yang dapat kita ambil dari ayat tersebut adalah jika kita sebagai seorang manusia memohon kepada Allah pasti Allah akan mengabulkannya, karena Allah tidak akan pernah mengingkari janji-janjiNya. 
 
Lalu kenapa ada do’a-do’a yang tidak terkabul? Ada beberapa sebab yang membuat do’a-do’a kita tidak dikabulkan oleh Allah.
 
     1. Tidak memenuhi syarat-syarat dikabulkannya do’a, antara lain:
·         Beriman, masih dalam ayat tersebut, Allah menjelaskan bahwa Ia akan mengabulkan do’a hambaNya yang beriman kepadaNya. Yaitu meyakini bahwa hanya Allah lah yang mampu mengabulkan segala pintanya.
·         Tanpa perantara, berdo’a dan meminta kepada Allah tidak perlu menggunakan perantara seperti batu, keris, dan jimat-jimat lainnya, karena Allah senantiasa mendengar apapun yang kita ucapkan, bahkan apa yang masih tersimpan dalam hati kita.
·         Disertai usaha, seseorang yang ingin kaya dan memiliki uang yang banyak tidak akan tercapai keinginannya tersebut tanpa bekerja keras. Jadi seseorang yang hanya mengandalkan do’a tanpa usaha ia tidak akan mendapatkan apa yang ia inginkan.
·         Banyak istigfar, salah satu tidak dikabulkannya do’a adalah karena dosa dan maksiat yang kita lakukan, maka kita harus memperbanyak istigfar dan memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang kita perbuat 
 
      2.Allah akan memberi yang lebih baik.
Terkadang Allah tidak memberikan semua yang manusia inginkan, namun kita harus selalu yakin bahwa Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Apa yang menurut ukuran manusia itu baik belum tentu baik juga di mata Allah dan sebaliknya, apa yang baik menurut Allah belum tentu manusia menyukainya. Jadi mungkin saja Allah memiliki rencana lain yang lebih indah dari apa yang kita mohon kepadaNya. 
 
    3.Menangguhkan di akhirat.
Manusia tidak pernah tahu apa yang tengah dilukiskan Allah di atas kanvas hidup manusia.  Tak selamanya apa yang kita minta akan Allah kabulkan di dunia, bisa jadi Allah mengguhkannya di akhirat kelak.
Nah itu tadi beberapa hal yang dapat membuat do’a-doa’ dan harapan kita kepada Allah tidak terijabahi, maka mari selalu memperbaiki diri dan tetap tanamkan keyakinan pada Allah bahwa Ia satu-satunya yang maha mengijabahi.
 
* http://hikmah-kata.blogspot.com/2013/12/obat-galau-paling-mujarab_1661.html

0 Response to "Obat Galau Paling Mujarab"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: