dr. Ricka Andriani: syukuri dan nikmati aneka ragam makanan dengan gizi seimbang


PKSCikarangTimur - Pada dasarnya tidak ada larangan konsumsi jenis makanan apa saja, tentunya yang jelas kehalalannya, misalkan dengan alasan takut gemuk, takut kolesterol tinggi, takut terkena penyakit ini itu. Asalkan mengkonsumsinya sesuai dengan standar kebutuhan gizi kita per hari.

"Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan dengan gizi seimbang, jangan berlebihan, sebab Allah tidak suka sama sesuatu yang berlebihan. Dan kalau Allah sudah tidak suka, berarti kalau kita tetap nekat melakukannya maka, hasilnya sudah pasti tidak baik, lebih parah lagi tidak barokah," Papar dr. Ricka Andriani dalam talkshow Pengaturan Nutrisi Bagi Kesehatan Wanita, di Klinik Iskarima, Perum Graha Asri, Cikarang Utara (18/2) pagi.

Dokter yang praktek di klinik Isykarima ini juga menjelaskan, bahwa untuk menjaga gizi seimbang bisa kita lakukan dengan cara:

1. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
2. konsumsi aneka ragam makanan pokok dengan porsi 40% dari total kebutuhan energi
3. konsumsi lauk pauk yang berprotein tinggi dengan porsi 30 % dari total kebutuhan energi
4. konsumsi lemak dengan porsi 30 % dari  kebutuhan energi

"Khusus untuk lemak kita harus bisa membedakan antara lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Sebab, lemak jenuh mengandung LDL, yaitu kolesterol jahat dan tentunya tidak bagus buat tubuh kita. Sedangkan lemak tak jenuh mengandung HDL, yaitu kolesterol baik yang baik juga buat tubuh kita." Pungkasnya. (ana)






0 Response to "dr. Ricka Andriani: syukuri dan nikmati aneka ragam makanan dengan gizi seimbang"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: