Tari Topeng peninggalan seni budaya Bekasi

PKS Cikarang Timur - Tarian Topeng yang biasa di kenal dengan Topeng saja, merupakan salah satu jenis kesenian khas bekasi yang relative masih eksis dan masih banyak penggemarnya, sama halnya dengan music gambus, Topeng bekasi ini biasanya dimainkan untuk memeriahkan upacara perkawinan,khitanan dan khaulan akan tetapi bisa juga untuk hiburan dalam acara – acara resmi seperti, sambut tamu, pentas seni,kampanye dan lain-lain, walaupun dinamakan tarian topeng namun tidak didominasi oleh tarian saja tapi juga menampilkan lawakan (komedi) yang biasanya menyangkut kisah kehidupan masyarakat kecil, tari topeng terdiri dari beberapa alat music tradisional seperti gendang,rebab,gong,kenong tiga dan kecrek.

Walaupun jumlah kelompok topeng bekasi hanya tersisa 20 orang hingga kini topeng bekasi masih eksis,grup topeng bekasi yang berlokasi di kelurahan jatimulya kecamatan tambun selatan ini dengan pimpinan almarhum pak kacrit yang dibentuk pada tahun 1957 dan sekarang diteruskan oleh anaknya yaitu pak supri sehingga grup topeng bekasi ini dinamakan Topeng Supri Kacrit,ini merupakan contoh kongkrit eksistensi topeng bekasi,setiap hari kelompok ini melatih sekitar 60 anak dari berbagai wilayah bekasi dan Jakarta.

Dari banyaknya seniman-seniman topeng yang dating berguru ke kampong jatimulya salah satunya adalah H.Bokir (Almarhum) yang dikenal sebagai pimpinan dan sesepuh topeng bekasi pada tahun 70-an dan mandra ketika berumur 12 tahun, dua tokoh tersebut pernah berguru kepada pak kacrit, kemudian mengembangkan kesenian tersebut di Jakarta, selain itu topeng bekasi juga seringkali mendapatkan undangan untuk tampil dari beberapa kota di indonesia serta ke beberapa Negara . kami berharap tpeng bekasi mendapatkan tembat khususnya dalam bidang seni budaya dikota bekasi khususnya, ungkap pimpinan topeng bekasi (Bpk. Supri). (wir/rb/buc) bekasiurbancity.com


Akses www.pksciktim.org via Android Apps
.:: PKS Cikarang Timur | klik aplikasi  Android PKS Cikarang Timur

0 Response to "Tari Topeng peninggalan seni budaya Bekasi"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: