Kairo unjuk rasa untuk mendukung Morsi akhir damai

Puluhan ribu menunjukkan di ibukota Mesir, menyerukan pemulihan dari presiden terguling.

Puluhan ribu warga Mesir telah berbaris melalui Kairo untuk memanggil untuk mengembalikan Presiden terguling Mohamed Morsi tetapi tidak ada pengulangan pertempuran sengit yang meletus di jalan-jalan minggu lalu.Kelompok-kelompok besar pendukung Ikhwanul Muslimin masih keluar sekitar ibukota pada Sabtu dini hari.Massa di daerah Kota Nasr meneriakkan slogan-slogan anti-militer yang menamakan Abdul Fatah al-Sisi, panglima militer negara itu, pengkhianat. Dekat kementerian pertahanan, ratusan berdiri di belakang kawat berduri berteriak pada tentara hanya beberapa meter jauhnya.

Sebuah kerumunan besar pendukung Morsi membuat jalan di sepanjang Ramses Street, dekat Tahrir Square, dan ratusan orang pada tanggal 6 Oktober Bridge, di mana beberapa bentrokan terburuk dengan demonstran anti-Morsi berlangsung seminggu yang lalu.

"Saya di sini untuk mengatakan 'tidak' untuk kudeta militer dan 'ya' untuk Morsi, yang saya lihat sebagai presiden sah saya, meskipun saya tidakdi Ikhwan dan aku juga tidak memilih dia, "kata Ahmed Adel, seorang mahasiswa 22 tahun, kepada kantor berita Reuters.

Tentara membantah penggulingan Morsi adalah kudeta, mengatakan menggulingkan dia untuk menegakkan kehendak rakyat setelah jutaan turun ke jalan pada akhir Juni untuk menuntut pengunduran dirinya.Kerumunan kecil, meskipun masih dalam ribuan, berkumpul di Tahrir Square, wadah protes anti-Morsi, untuk makanan tradisional yang puasa saat matahari terbenam.

Seminggu sebelumnya, protes serupa berubah menjadi kekerasan ketika para demonstran pro-dan anti-Morsi bentrok di kota-kota di seluruh negeri, menewaskan 35 orang dan memperdalam membagi antara Mesir pada sisi yang berbeda dari perpecahan politik.

Tiga hari kemudian, tentara menembaki sekelompok demonstran pro-Morsi luar kompleks Garda Republik di Kairo, di mana beberapa pendukungnya percaya dia ditahan, menewaskan 53. Empat tentara juga tewas.Panggilan untuk rilis Morsi iniAmerika Serikat pada hari Sabtu menyerukan militer Mesir untuk Morsi gratis. Juru bicara Departemen Luar Je Psaki mengatakan AS setuju dengan banding sebelumnya Jerman untuk Morsi akan dirilis dan "terbuka" membuat permintaan yang sama.

Morsi saat ini ditahan di "tempat yang aman, untuk keselamatannya," kata juru bicara kementerian luar negeri Badr Abdelatty wartawan, Rabu, menambahkan bahwa mantan pemimpin Mesir belum didakwa dengan apa pun sampai saat ini.Kami berharap - kita bermimpi - bahwa kita tidak akan melihat siapa pun dari Ikhwanul Muslimin di Mesir politik.

Polisi juga telah memburu pemimpin Ikhwanul, Mohammed Badie, dan 10 tokoh senior lainnya, setelah waran yang dikeluarkan untuk penangkapan mereka atas tuduhan menghasut kekerasan.Di Tahrir Square ada sedikit simpati untuk Morsi, menyoroti perpecahan dalam masyarakat Mesir dan militer dan Perdana Menteri interim Hazem el-Beblawi menghadapi tantangan dalam memulihkan hukum dan ketertiban.

"Kami senang dengan keputusan al-Sisi untuk mengisolasi Morsi dan kelompoknya," kata seorang pria di alun-alun Al Jazeera."Kami berharap - kita bermimpi - bahwa kita tidak akan melihat siapa pun dari Ikhwanul Muslimin di Mesir politik Mereka kelompok agama Agama dan politik sebaiknya tidak dicampur..."

Beblawi mengatakan dia akan bersumpah dalam kabinet baru pada akhir pekan depan dan bahwa ia bersedia untuk menawarkan posisi kepada anggota Persaudaraan. Namun Ikhwan telah menolak tawaran tersebut dan berjanji untuk melanjutkan agitasi.

 http://www.aljazeera.com/news/middleeast/2013/07/20137134251551723.html

0 Response to "Kairo unjuk rasa untuk mendukung Morsi akhir damai"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: