Kembara Bekasi 2022, Sang Putri Tanya Ayah Kenapa harus Kemah?

Kembara PKS Kabupaten Bekasi 2022 yang dilaksanakan 17-20 November 2022,di Cidahu Sukabumi kemarin,  merupakan sebuah kegiatan yang secara tidak langsung bukan hanya membina peserta kembara, namun juga membina keluarga para peserta kembara. 

Sebagai seorang ayah, saya sempat ditanya oleh putri saya yang masih kelas 4 SD,  saat makan malam bersama keluarga sebelum berangkat kembara. Ia bertanya, "Ayah, kenapa sih pake harus kemah segala dan pulang hari minggu? "

Sebagai seorang ayah,  saya sempat bingung menjelaskannya, tapi akhirnya saya jawab, " Ini perintah Allah. Ayah harus berlatih mempersiapkan diri. Wa a'iddulahuu masta tho'tummin quwwah, coba ade lihat di Al Anfal ayat 60." 

"Iya gitu yah?"  Sanggahnya. Sesaat ia lari ke kamarnya dan membuka mushhaf terjemah, mencari surat Al Anfal ayat 60. 

Tidak lama ia keluar kamar, lalu saya tanya, " Bagaimana? Benar kan?, "Iya yah", jawabnya. 

Lalu saya tanya, " Lalu bagaimana? Apakah ayah boleh kemah kembara kan? ", ia pun menjawab, " Iya yah boleh", jawabnya sambil tersenyum. 

Itulah yang sempat saya alami. Maka saya pribadi menyimpulkan bahwa kembara itu adalah washilah yang tidak hanya mentarbiyyah perserta nya, namun juga bisa menjadi sarana tarbiyyah bagi keluarganya. 

Semoga dengan kembara kemarin, keluarga kita menjadi keluarga yang mencintai agama, bangsa dan negara, Aamiin. Insyaa Alloh.

Penulis: Ahmad Kusmayadi
Editor: Hery

1 Response to "Kembara Bekasi 2022, Sang Putri Tanya Ayah Kenapa harus Kemah? "

Tinggalkan Pesan Anda: