>>>

Pola hidup sehat saat Ramadhan

Oleh: dr. Fakhrur Razi
Kajian Online Dhuha

Dalam rangkaian ayat tentang puasa diakhiri dengan pernyataan bahwa berpuasa adalah baik untuk kita. Dan di dalam agama lain pun ada anjuran berpuasa meskipun dengan syariat yang berbeda. Selama ini kita sering menganggap yang dimaksud dengan kembali ke fitrah setelah selesai Ramadhan hanya dari sisi ruhiah saja, padahal manusia itu terdiri dari 3 aspek: ruhiah, jasadiah dan fikriah. Sehingga seharusnya kembali kepada fitrah juga diartikan kembali kepada fitrah secara jasadiyah, artinya kondisi fisik kita kembali ke semula, pola makan dan aktifitas kita kembali ke asalnya ( sesuai dengan kebutuhan).
Manusia adalah mahluk yang aktif siang hari, tetapi selama Ramadhan seolah-2 kita dibalik pola hidup kita menjadi aktif di malam hari dg kita Bangun sahur dan makan sahur sebelum fajar. Terutama di 10 hari terakhir dimana kita disunnahkan menghidupkan malam-2 Ramadhan dengan ibadah. Secara system tubuh, seolah-2 system tubuh kita di-reset ulang sehingga di bulan syawal kita mulai kembali dari titik nol. Termasuk pola makan dan aktifitas kita.

Berat badan ideal mengikuti rumus sbb:
Usia kurang dari 40 = (Tinggi badan - 100) - 10%
Usia lebih dari 40 = Tinggi badan - 100
Kita harus memperhatikan asupan kalori harian kita. Kebutuhan kalori kita sekitar 2400 Kal utk pria dan 2000 Kal utk Wanita. Gizi seimbang adalah makan sesuai dengan kebutuhan kita.
1 gr lemak = 9 Kalori
1 gr protein = 5 Kalori
1 gr karbohidrat = 4 Kalori

Saran untuk sahur:
1. Sahur di akhirkan supaya jeda waktu puasa kita lebih singkat.
2. Konsumsi makanan yang menjaga Kadar air dan mengenyangkan lebih lama: sayur dan buah.
3. Hindari konsumsi yang bersifat diuretic (mengeluarkan cairan) spt teh, kopi, coklat.
4. Atur pola makan: isi piring kita nasi 1/6, lauk 2/6 (daging, ikan, kacang2an), sayur dan buah 3/6

Hikmah shaum Sunnah syawal: mempertahankan kondisi selama Ramadhan. Mulai syawal kita atur lagi pola makan sesuai dengan kebutuhan dan juga olah raga teratur.





 

0 Response to "Pola hidup sehat saat Ramadhan "

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: