Anis Matta: Sudah Waktunya Majelis Syuro Umat Islam Indonesia Dibentuk

PKSCikarangTimurKongres Umat Islam Indonesia sedang memasuki sesi rapat pleno bertemakan penguatan peran politik umat Islam, hari ini (9/2) di Yogyakarta. Salah satu pembicara, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, menjelaskan, kongres ini merupakan momentum yang tepat untuk mempertemukan kekuatan umat Islam, baik di lini partai politik maupun ormas. 

"Saya kira, kita perlu pendekatan agar tidak ada anggapan, hubungan renggang antara partai dan ormas Islam," ujar Anis Matta di Yogyakarta, Senin (9/2). 

Selanjutnya, kata Anis, penting sekali bagi para peserta kongres untuk merumuskan secara bersama-sama gagasan adanya majelia syuro umat Islam. Di sana, terjadi pertemuan yang cair dan konstruktif antara para tokoh partai dan ormas Islam.

Sehingga, masalah-masalah yang mendera umat Islam bisa dipikirkan dan dicarikan solusinya bersama-sama. Baik di lini politik maupun budaya non-politik.  "Sudah waktunya ada semacam majelis syuro antara para pimpinan ormas dan partai Islam. Dengan membuat majelis syuro ini, masalah keumatan bisa diatasi bersama," tegas Anis Matta, Senin (9/2). 

Terakhir, Anis mengusulkan tiga tahap apa yang disebutnya jihad politik umat Islam. Pertama, level identitas. Itu sudah antara lain dilakukan partai-partai Islam di parlemen.  "Misalnya, penguatan identitas Islam dengan ditolaknya RUU Gender," ujar Anis Matta. 

Level kedua, kepentingan. Pada tingkat ini, pertarungan politik, kata Anis, gencar. Terakhir, tahap alokasi kepemimpinan. (*)


Sumber: republika.co.id




 

0 Response to "Anis Matta: Sudah Waktunya Majelis Syuro Umat Islam Indonesia Dibentuk"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: