Jokowi Bertanya? Prabowo: TPID Itu Tugas Kepala Daerah

PKS Cikarang Timur - Dalam debat bertema pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial yang digelar di Gran Melia, Jakarta Selatan itu, Minggu (15/6) malam, Jokowi menanyakan tentang perlunya atau tidaknya penguatan TPID kepada Prabowo Subianto. Pertanyaan Jokowi yang singkat tidak disertai penjelasan tentang singkatan dan konteks TPID.

“Maksudnya TPID, itu mengacu pada apa? Karena saya tidak mungkin menguasai secara menyeluruh hal-hal yang ada,” ujar Prabowo menanggapi pertanyaan Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan TPID adalah Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Sebagai Gubernur DKI, Jokowi memang sering terlibat rapat TPID.

“Itu kan tim pengendalian inflasi daerah, jadi saya kira itu tugas kepala daerah untuk meningkatkannya. Jadi itu fungsi kepemimpinan dan pejabat daerah,” katanya.

Bicara tentang TPID, perkembangan terkini (posisi bulan April 2013), inflasi Jawa Barat mencapai 5,52 persen (yoy) lebih rendah dari nasional yang sebesar 5,57 persen. Kinerja yang baik ini tidak terlepas dari kebijakan pengendalian inflasi yang telah dilakukan.

"Sejak dibentuk Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI) Jawa Barat pada tahun 2008, laju inflasi Jawa Barat selalu lebih rendah dibandingkan nasional," ujar Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Banten, Lolita Moorena saat dilangsir Republika.

Sementara itu dikutip dari beritajakarta.com, laju inflasi di DKI Jakarta tahun 2013 meningkat tajam hingga menembus angka 8 persen. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan, tingkat inflasi di DKI Jakarta selama tahun 2013 adalah sebesar 8 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi dari inflasi tahun 2012 yang hanya 4,52 persen. Tapi angka ini masih lebih rendah dibandingkan inflasi nasional sebesar 8,38 persen.

"Hal ini disebabkan antara lain karena adanya kebijakan kenaikan harga BBM pada bulan Juli 2013 lalu," kata Jokowi, saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013.

Sangat ironis ketika capres Prabowo menjadi bulan-bulanan para pendukung capres Jokowi ketika tidak paham kepanjangan TPID. Namun Jokowi sendiri selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama timnya belum mampu menahan laju inflasi di DKI Jakarta. [hs/pksciktim.org]


Aplikasi Android ::: PKS Cikarang Timur | Klik Download Aplikasi Android

0 Response to "Jokowi Bertanya? Prabowo: TPID Itu Tugas Kepala Daerah"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: