Danau Pasir Raya, Potensi Wisata Air dan Mancing di Selatan Cikarang

PKS Cikarang Timur - Tak disangkal lagi, Kabupaten Bekasi memang memiliki potensi wisata air yang luar biasa besarnya, utamanya adalah wisata danau atau yang biasa disebut situ. Sebut saja ada Situ Abidin di Bojong Mangu, Situ Cibeureum di Tambun Selatan, Situ Nyimplung di Setu, Situ Pasir Raya di Serang Baru dan masih banyak lagi lainnya.

Kali ini Urban Cikarang berkesempatan mengupas salah satu potensi wisata yang ada di Selatan Cikarang, tepatnya berada di Pasir Raya, Kecamatan Serang Baru.

Danau Pasir Raya merupakan salah satu potensi wisata air dan mancing yang cukup menarik untuk dikunjungi, setiap hari ada saja warga yang datang untuk sekedar menikmati pemandangan yang asri disekitar danau, atau mancing diperairannya yang tenang namun memiliki potensi ikan yang cukup besar. Pada hari libur danau ini akan makin banyak dikunjungi warga, terlebih pada sore hari. Hasil ngobrol-ngobrol kami dengan pengunjung yang datang mereka mengatakan danau ini kerap dijadikan lokasi untuk menghabiskan libur di sore hari karena selain pemandangan yang asri dan indah, lokasi ini juga dianggap murah karena warga bisa datang tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Danau Pasir Raya memiliki luas tak kurang dari 20 hektar, dulunya adalah bekas penambangan galian pasir, karena aktivitas penambangan sudah berhenti, yang tersisa ya tinggal lubang besar seluas 20 hektar yang kelamaan menjadi danau atau situ. Untuk mencapai lokasi ini tak memakan waktu lama, kami menghitung perjalanan dari perempatan EJIP / Lippo Cikarang menghabiskan waktu sekira 20 menit (tanpa macet). Letaknya berada di ujung dari Perumahan Pasir Raya, Serang Baru.

Apabila berkunjung, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan asri dan indah, ditambah banyaknya tambak-tambak ikan milik warga, serta aktivitas mancing, bahkan tak jarang apabila malam minggu, banyak warga melakukan aktivitas mancing sekaligus berkemah di danau ini. Kalo lapar, di danau ini ada rumah makan sunda bergaya dermaga, Anda bisa menikmati makanan sambil melihat pemandangan danau sekaligus beraktivitas mancing.

Sayang beribu sayang, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga masih kurang melirik dengan serius potensi wisata danau yang ada di Kab. Bekasi, hasilnya danau-danau ini dikelola secara swadaya oleh warga sekitar untuk menambah penghasilan dan berputarnya roda ekonomi, padahal bilsa dikelola dengan serius bekerja sama dengan pemilik lahan, bisa mendatangkan PAD bagi Kabupaten Bekasi.

Berdasar info yang kami dapat, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Pengcab Kab. Bekasi melirik danau ini untuk dijadikan venue cabang olahraga dayung pada Porda Jabar XII 2014 yang akan dihelat pada bulan November 2014. Namun sampai kami mengunjungi danau ini, belum ada aktivitas persiapan apapun untuk menggelar event tersebut.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung, siapa tau Danau Pasir Raya bisa jadi alternatif wisata murah meriah sekaligus menghilangkan kepenatan setelah sepekan beraktivitas kerja. [urbancikarang]



Aplikasi Android ::: PKS Cikarang Timur | Klik Download Aplikasi Android

0 Response to "Danau Pasir Raya, Potensi Wisata Air dan Mancing di Selatan Cikarang"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: