>>>

Banyak Pasien Pengguna BPJS Ditolak RSUD dan RS Swasta

PKS Cikarang Timur - Tetty Nurbaya (57), Pasien RSUD Kabupaten Bekasi pemegang kartu BPJS, hanya bisa pasrah saat dokter memaksanya pulang, meski penyakitnya belum sembuh meski. 

Alasannya, karena pasien malang ini hanya menggunakan kartu BPJS untuk membayar biaya perawatannya. Tetty Nurbaya mengakui ia sudah sempat dirawat selama 6 hari. Namun karena ia menggunakan kartu BPJS baik untuk membiayai pengobatan infeksi yang menggrogoti tubuhnya, RSUD menyuruhnya pulang.

“Dokter menyuruh saya pulang meski aku belum sembuh” tuturnya dengan nada sedih saat berbincang dengan dakta.com, Jum’at (6/6/14).

Hal senada juga dirasakan Yuli (31), Pasien asal kecamatan Cikarang Timur yang dirujuk oleh klinik Graha Bina Husada Cikarang Baru ke Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang ditolaknya mentah-mentah karena memakai kartu BPJS (23/5). Sebelumnya pihak RS Sentra Medika menyarankan agar periksa darah dan USG Lab di RSUD Kabupaten Bekasi.

Sepulangnya dari RSUD Kabupaten Bekasi, Yuli kondisinya ngedrop sehingga dia dibawa kembali ke IGD RS Sentra Medika. Setelah melihat hasil check darah dari RSUD Kabupaten Bekasi yang positif terkena liver, pihak RS Sentra Medika pun langsung menolaknya. Dengan alasan alat yang kurang memadai, dan dokter untuk penanganan sakit tersebut pun tidak ada.

"Dokter menyuruh saya ke RSUD Kerawang atau RSUD Kota Bekasi, padahal saat itu saya sudah lemas," ungkap Yuli kepada pksciktim.org. 

Yuli pun akhirnya pulang tanpa penanganan dan di bawa oleh sang suami ke dokter umum biasa di Lemah abang.

Ketika kasus itu dikonfirmasis ke bupati Bekasi Hj. Neneng Hasanah Yasin, ia mengaku belum mengetahui jika ada pasien pemegang kartu BPJS yang ditolak RSUD kab. Bekasi.

“Jika penolakan pasien itu benar dilakukan RSUD, saya sangat menyesalkan tindakan itu. Saya berjanji akan mengusutnya, sampai jelas siapa yang memberi perintah untuk pemulangan pasien yang belum sembuh itu” kata bupati yang dikutip oleh Dakta.com.

Bupati menginstruksi kepada semua RSUD termasuk rumah sakit swasta untuk melayani pasien pemegang kartu BPJS. “Saya tak mau lagi mendengar ada pasien yang ditolak hanya karena pemegang katu BPJS” tegas bupati. [hs/pksciktim.org]




Aplikasi Android ::: PKS Cikarang Timur | Klik Download Aplikasi Android

0 Response to "Banyak Pasien Pengguna BPJS Ditolak RSUD dan RS Swasta"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: