BBWM Kabupaten Bekasi Siap Ambil Alih Kilang PT Odira

PKS Cikarang Timur - BEKASI, Sesuai perjanjian kerjasama antara investor maka tepat pada 23 November 2016 mendatang, seluruh aset kilang gas diserahkan sepenuhnya kepada PT BBWM dari PT Odira Energy Persada sebagai investor awal yang kala itu membangun kilang gas dengan investasi sekitar US$ 15 juta.

Kerjasama berlangsung 10 tahun dari sejak dibangun 23 November 2004 lalu (dua tahun masa pembangunan sebelum resmi beroperasi pada 2006), yang diakhiri dengan sistem Build Operation Transfer (BOT) pada akhir tahun kerjasama. Dengan begitu nantinya PT BBWM akan melaksanakan pengelolaan mandiri gas dari hulu sampai hilir. Sejumlah langkah telah dipersiapkan Direksi Perusahaan Milik Daerah Kabupaten Bekasi itu agar pengolahan gas terus berjalan baik. Di antaranya, menyiapkan sejumlah operator gas yang akan mengoperasikan kilang dengan cara menyekolahkan mereka ke kilang-kilang milik PT Pertamina.

Kemudian, mengoptimalisasikan kilang yang sudah ada. Menurut Prananto, setelah diambil alih semetinya nilai produksi kilang meningkat dua kali lipat karena seluruh hasil pengolahan menjadi hak PT BBWM. Saat ini, PT BBWM melakukan Audit Kilang yang dilakukan tim auditor independen di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), yang nantinya hasil audit akan dijadikan bahan pengembangan kilang gas.

Hasil evaluasi sementara oleh Direksi dan Kepala Kilang menyebutkan bahwa sekitar 50 persen aset harus diremajakan, seperti kompresor, pipa, dan filter. Peremajaan peralatan masih menjadi tanggungjawab PT Odira Energy Persada sebelum diserahkan ke PT BBWM. “Sehingga saat kilang gas resmi diambil alih produksi tidak shut down (jatuh),” kata Direktur Operasional PT BBWM Adhi Fadilah.
Hasil kajian independen ini nantinya akan disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan, yakni Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, DPRD, dan seluruh Muspida. Dengan begitu, usaha pengembangan kilang gas diharapkan mendapat dukungan sepenuhnya dari seluruh aparatur terkait.
Secara umum, PT BBWM memiliki dua pekerjaan utama dalam pengembangan kilang gas di wilayah Utara Kabupaten Bekasi. Pertama, pengelolaan kilang gas yang sudah ada maupun yang baru direncanakan pembangunannya. Kedua, mengelola sistem transportasi atau pengangkutan gas yang dilakukan dengan dua cara, yakni pengangkutan melalui pipa dan dan menggunakan mobil tangki.

Sumber Berita: http://www.bekasikab.go.id/



Akses www.pksciktim.org via Android Apps
.:: PKS Cikarang Timur | klik aplikasi  Android PKS Cikarang Timur

0 Response to " BBWM Kabupaten Bekasi Siap Ambil Alih Kilang PT Odira"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: