Banjir melanda sebagian kecil wilayah Jabar, Gubernur @aheryawan pastikan bantuan aman

PKS Cikarang Timur - Banjir melanda sejumlah daerah di Jawa Barat dan sekitarnya. Lokasi banjir di antaranya ada di Bekasi, Karawang, Depok, Sukabumi, dan Cirebon.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengatakan hingga kini bantuan logistik untuk para korban banjir terus diberikan. Jumlahnya pun diklaim aman baik dari pemerintah daerah setempat maupun Pemprov Jawa Barat.


"Dari ketersediaan, stoknya cukup," kata Aher di Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/1/2014).

Untuk memastikan ketersediaan logistik dan penanganan di lapangan, Aher mengaku sudah mengunjungi dua lokasi banjir belum lama ini. "Saya sudah meninjau dua lokasi di Bekasi dan Karawang," ungkapnya.

Aher mengatakan, di sejumlah titik saat ini banjir relatif lebih baik. Di Depok saat ini sudah surut. Di Kabupaten Bandung juga banjirnya tidak berlangsung lama setelah Sungai Citarum dikeruk.

"(Kabupaten) Bandung saya kira ringan banjirnya karena sehari saja, biasa tujuh hari tergenang. Itu dampak dari perbaikan, sudah mulai kelihatan," ucapnya.

Hal itu mematahkan pandangan sejumlah pihak yang mengatakan pengerukan Sungai Citarum tidak ada dampaknya.

"Bagaimanapun orang enggak bisa bilang ngapain hambur-hamburin uang toh enggak ada bekasnya atau dampaknya dari pengerukan. Ada kok (manfaatnya)," cetus Aher.

Sementara untuk jangka panjang, antisipasi banjir di Jawa Barat menurutnya terus dilakukan secara bertahap. "Penanganannya tentu hulu, hilir, dan tengah ya. Saya sering mengatakan hulunya dikonservasi lagi, dihijaukan lagi," tuturnya.

Langkah lainnya, badan sungai dipelihara agar sedimentasinya terus berlanjut, serta mencegah penyempitan sungai dan badan sungai.

"Kemudian di kawasan tengah sampai hilir tentu jangan sampai ada limpahan limbah baik limbah rumah tangga atau industri," tandas Aher.
Sindonews.com

(lns)

0 Response to "Banjir melanda sebagian kecil wilayah Jabar, Gubernur @aheryawan pastikan bantuan aman"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: