Anis Matta: Bekerjalah dalam Skala Peradaban

Jakarta – Presiden Partai Keadilan Sejahtera [PKS] Anis Matta mengajak masyarakat untuk bekerja dalam skala peradaban. Hal ini disampaikannnya pada Pengajian Bulanan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Menteng, Jakarta, Jumat (3/1).

Anis mengambil contoh dari bangsa Ingris dan Arab. Menurutnya, dua bangsa tersebut kecil secara teritorial, tapi punya pengaruh besar di dunia. Hal itu terutama terlihat dari segi bahasa.


“Itu karena mereka bekerja dalam skala peradaban, bukan sekadar skala negara. Negara bagi mereka adalah tools of civilization, bukan pusat segala-galanya. Maka kalau mau menjadi bangsa besar, bekerjalah dalam skala peradaban,” katanya.

Anis juga menjelaskan Islam tidak membatasi bentuk negara. “Dalam perspektif Islam, format negara tidak pernah dibatasi bentuknya. Negara merupakan alat untuk menciptakan peradaban manusia yang lebih baik,” ungkapnya.

Anis kemudian mengutip ayat yang dibaca qari (pembaca ayat Al-Quran) di awal acara, QS. Ar-ra’d: 11. Setelah secara fasih menerangkan tata bahasa ayat tersebut, Anis menjelaskan nilai penting individu sebagai aset perubahan masyarakat.

“Satuan terkecil dari masyarakat adalah individu. Kita bisa mengubah masyarakat kalau bisa mengubah satuan terkecilnya, yaitu individu. Dan yang kita ubah dari individu ini ada tiga lapis, yaitu pikirannya, perasaannya, dan tindakannya,” jelasnya.

Menurut Anis, tindakan yang berulang-ulang itu disebut sebagai kepribadian. Dan kalau kepribadian individu itu digabung menjadi satu, maka disebut sebagai budaya. Lalu Anis menyimpulkan, “Itu sebabnya saya percaya bahwa kekuatan terbesar Indonesia di masa yang akan datang, itu pada kebudayaannya.”

Pengajian bulanan PP Muhammadiyah kali ini bertema “Visi Indonesia Masa Depan”. Beberapa tokoh nasional, seperti Ketua MPR Sidharto Danusubroto, Anggota DPD AM Fatwa, Jenderal TNI Wiranto, Wakil Ketua MPR Hadjriyanto Thohari, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, terlihat hadir di acara ini. (DLS/MFS) anismatta.net

0 Response to "Anis Matta: Bekerjalah dalam Skala Peradaban"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: