>>>

Ternyata Caleg PKS Ini Juga Dari Buruh

3. Saeful Islam
Oleh Enjang Anwar Sanusi

[Bekasi] Beberapa tahun terakhir ini posisi buruh di Indonesia semakin mendapat tempat dalam pemberitaan. Gerakan buruh mampu tampil mengusung tema-tema besar seperti Jaminan sosial Nasional, upah murah hingga sistem kerja alih daya.
Berbicara tentang buruh, Saya mempunyai seorang kawan yang cukup intens dalam dunia serikat pekerja. Namanya Saeful Islam. Beliau asli betawi pinggiran. Saya mengenal beliau sekitar akhir tahun 2006 ketika sama-sama menjadi anggota tim penelitian dan pengembangan  PKS Kabupaten Bekasi.  
Saya langsung tertarik dengan nama itu sesaat setelah melihat namanya tertulis di daftar absensi kehadiran. Saya  membayangkan bagaimana jadinya jika pemilik nama Saeful Islam ini tidak dididik dengan baik dan benar oleh orang tuanya. Bagaimana pula jika ia tidak menggabungkan diri dengan kumpulan orang-orang baik. Tak terbayangkan jika “Saeful Islam” yang berarti pedang Islam ini justru melakukan hal-hal yang kontra produktif terhadap Islam.

Alhamdulillah setelah berinteraksi dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya, teman saya bernama Saeful Islam ini menurut penilaian saya cukup baik. Dari sisi hubungan dengan Allah, maupun dari sisi hubungan dengan sesama manusia. Sebagaimana umumnya orang Betawi, Ia cepat akrab dengan orang yang baru dikenalnya. Dalam rapat-rapat itu, Ia cukup aktif bertanya apapun yang tidak dipahaminya. Selain itu ia juga  aktif menyapa peserta rapat lainnya.

Di pabrik tempatnya bekerja, Ia aktif di organisasi buruh. Tepatnya sebagai ketua Pimpinan Unit Kerja SPAMK FSPMI PT. Delphi  Indonesia.  Selain itu, Ia juga aktif sebagai trainer di lembaga pemberdayaan pemuda dan pelajar LP3MB Bekasi yang rajin mendatangi sekolah-sekolah dan mengajarkan pentingnya menjadi penerus bangsa yang produktif. 
Di lingkungan tempat tinggalnya, Ia aktif sebagai pengurus DKM sebuah masjid serta organisasi pemuda Karang Taruna. Yang baru saja saya ketahui saat ini adalah ternyata ia juga penyandang gelar Sarjana Hukum Ekonomi Syariah dari sebuah Sekolah Tinggi Agama Islam di Bekasi. Jadi selama ini, selain bekerja sebagai karyawan pabrik, Ia masih menyempatkan diri memanfaatkan waktu istirahatnya untuk terus menimba ilmu.

Bertahun-tahun tidak bertemu, ternyata kini beliau sudah memutuskan keluar dari dunia industri dan beralih menjadi wiraswastawan. Meskipun begitu, ia tetap menaruh mimpi bahwa rekan-rekan buruh mampu menggapai cita-cita yang diharapkan.

Selain itu, ternyata ayah dua anak yang saat ini beralamat di Perum Puri Cikarang Hijau Blok L 4/7 Rt. 07/10 Ds Karang Asih Kec. Cikarang Utara ini mendapat amanah menjadi Calon Anggota Legislatif dari PKS untuk DPRD Kabupaten Bekasi daerah pemilihan VI Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Karang Bahagia.

Setiap mengingat namanya, Saya selalu teringat dengan keramahan dan jabat tangannya saat pertama kali berkenalan. Juga teringat canda tawa dan logat khas betawi serta jaket serikat pekerja yang biasa ia kenakan.
Semoga sukses mengemban amanah bung Saeful Islam !!!

ENJANG ANWAR SANUSI
Mantan warga Kabupaten Bekasi, kini tinggal di Kota Bekasi
Twitter @enjang_as

1 Response to "Ternyata Caleg PKS Ini Juga Dari Buruh"

  1. Insya Allah Bang Ipul amanah dan sewaktu beliau aktif diburuh juga telah memberikan pembelaan2 yang maksimal. Teruslah berjuang Bang Ipul sehingga kita membuktikan janji kita kepada Allah SWT...

    BalasHapus

Tinggalkan Pesan Anda: