ODOJ, Ide Cerdas Siapakah Ini?

Bismillahi wal hamdulillah….

Sahabat, apa kabar anda hari ini? Semoga senantiasa dalam lingkaran kebaikan. Karena, seseorang itu, kata Ali Bin Abi Thalib, sahabat Rasulullah Saw, jika dia tidak dalam aktifitas atau lingkungan kebaikan, maka seseorang itu pastilah dalam aktifitas atau lingkungan keburukan.


Tak seperti biasanya, dan memang tak biasa, entah apa yang mendorong hati saya sehingga ia mampu menggerakkan pikiran dan jari jemari ini untuk berbagi cerita melalui sebuah tulisan. Tulisan ini berawal setelah saya bergabung di komunitas One Day One Juz, yang biasa disingkat dengan ODOJ.

ODOJ, ide cerdas siapakah ini? Sebuah ide yang berhasil menghadirkan situasi dan kondisi yang baru, kemasan idenya menghasilkan sebuah warna yang indah dalam lukisan kehidupan seseorang. Melihatkan sebuah penampakan yang “asing”, dimana di akhir zaman seperti sekarang ini mulai pudar dan bahkan hilang. Kini, dengan ide itu ia mendeskripsikannya kembali.

Coba saja kita bayangkan, biasanya kita dengar istilah tadarusan Al-Qur’an hanya di bulan Ramadhan. Kini, setelah ide ini muncul, tadarusan dilakukan masing-masing group ODOJ setiap harinya. Setiap group anggotanya terdiri dari 30 orang, dimana masing-masing anggota mendapat bagian tilawah satu juz per-hari. Jika setiap anggota menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka mereka akan mengkhatamkan Al-Qur’an 30 juz setiap harinya. Ide yang sangat cerdas. Uniknya, walaupun ada diantara mereka sesama anggota group yang tidak saling kenal dan berjumpa sebelumnya, tetapi dengan iman dan kecanggihan teknologi, Allah Swt menyatukan mereka. Subhanallah.

ODOJ, ide cerdas siapakah ini? Sebuah ide yang sukses mengubah waktu luang seseorang menjadi emas. Kenapa? Karena bagi seseorang yang telah bergabung ke dalam komunitas ini, lima menit saja sangat berharga baginya. Dengan waktu luang lima menit itu, seseorang yang lancar baca Qur’annya, cukup untuk menyelesaikan tilawah sebanyak satu lembar atau dua halaman. Ini merupakan sarana efektif untuk seseorang belajar menjadikan waktu-waktunya produktif diantara aktifitas-aktifitas yang lain.

Makanya tak heran, jika suatu saat anda menemukan para ODOJers (sebutan untuk anggota ODOJ) sedang asyik dan khusyuk dengan mushaf kecil mereka disela-sela waktu luangnya. Saat mereka di angkutan umum, mereka manfaatkan untuk tilawah Qur’an. Saat mereka dalam perjalanan di dalam bus, di kapal, di pesawat, di kereta api, mereka asyik membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Saat mereka sedang istirahat bekerja, di perkantoran, di lapangan, di sawah dan ladang, atau sedang menunggu di terminal, mengantri di sebuah tempat, menghadapi kemacetan di perjalanan, dengan tenang mereka buka mushafnya lalu menikmati lembar demi lembar surat-surat cinta dari Rabb-nya. Subhanallah, betapa nyamannya negeri ini jika semuanya bisa menghadirkan ketenangan dan kedamaian di sekelilingnya.

Dan, ODOJ, Ide cerdas siapakah ini? Mari kita bayangkan lagi, informasi yang saya dapatkan terakhir, di Indonesia sudah lebih dari 35.000 orang yang bergabung dalam komunitas One Day One Juz ini. Artinya, dalam satu hari, ada 35.000 yang rutin baca Qur’annya 1 juz, apa tak berkah Republik ini? Belum lagi, komunitas semisal One Day One Juz yang ada di luar negeri, apa tak berkah dunia ini? Subhanallah, ide cerdas siapakah ini? Sungguh fantastis. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan yang banyak. Tidakkah anda termotivasi untuk bergabung bersama kami dikomunitas ini?

Dan, belum lagi segudang cerita pengalaman dari teman-teman ODOJers yang telah merasakan manfaat dari program komunitas One Day One Juz ini. Program ODOJ ini tidak membatasi usia dan profesi, muslim manapun yang ingin bergabung akan diberikan kesempatan seluas-luasnya.

Bagi sahabat yang ingin bergabung, silahkan follow @AyoTilawah, @onedayonejuz atau bisa langsung kunjungi website resminya di http://www.onedayonejuz.org. Di sana, kita akan mendapatkan banyak informasi tentang #OneDayOneJuz.

Siapapun dan dimanapun anda, salam ODOJer dari kami. Buat teman-teman ODOJers, salam ODOJers dari kami group ODOJ 44 :)

Wassalaamu’alaikum……
pkssiak.org
Follow Twitter saya @FadilahKepri

0 Response to "ODOJ, Ide Cerdas Siapakah Ini? "

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: