HNW: Karena Islam Indonesia Dihargai Dunia

Indonesia diharga dunia karena Islamnya. Demikian intisari taujih Dr. Hidayat Nur Wahid di Masjid Al Madani, Jl. Panda Cikarang Baru, kemarin (13/8). Maka sudah selayaknya umat Islam ingin memelihara penghargaan ini dengan terus menaburkan kebaikan bagi negeri tercinta Indonesia.

Setelah berkunjung di radio Annisa, jam 14.10 beliau tiba di Masjid Al Madani. Para jamaah dari Cikarang Baru, Serang, Cikarang dan sekitarnya sudah menunggu beberapa saat sebelumnya memenuhi Masjid. Meskipun acara ini baru diketahui beberapa jam sebelumnya. DKM sendiri menyatakan baru tahu akan dikunjungi Ketua MPR periode 2004 - 2009 ini dua hari sebelumnya. Dr. HNW memberikan taujih dari setengah tiga sampai setengah empat sore. Yang kemudian dilanjutkan menjadi imam shalat Ashar.

Bulan Ramadhan dan Agustus sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena Indonesia merdeka pada 9 Ramadhan 1364 H yang bertepatan dengan 17 Agustus 1945. Bahkan juga bagi umat Islam. Karena nuzulul Quran juga terjadi pada bulan Ramadhan. Kalau menggunakan tanggal 17 Ramadhan di awal kenabian, itupun bertepatan dengan 6 Agustus 610 M. Jadi umat Islam Indonesia layak memaknai bulan ini dengan ibadah dan syukur kepada Allah. Demikian beliau mengawali taujihnya.


Tentang penghargaan dunia terhadap keislaman bangsa Indonesia ditunjukkan dengan sikap tegas Presiden Soekarno yang memicu difungsikannya kembali sebuah masjid di Leningrad (St. Pitersburg). Saat berkunjung ke kota Leningrad, presiden pertama RI hendak sholat di masjid itu, tapi tidak mungkin karena masjid itu telah menjadi gudang. Dan dia menyatakan bahwa kunjungan ke kota ini tak berkesan karena dia tidak bisa sholat di sana. Maka sejak itu masjid itu dibuka kembali dan berlangsung sampai saat ini.

Di Bosnia, Indonesia juga dikenang masyarakat Bosnia dan Sarajevo karena dengan gotong royong rakyat Indonesia maka di sana telah berdiri Masjid Indonesia. Demikian juga dengan di Saudi Arabia. Indonesia dikenal dengan jamaah hajinya yang banyak dan tetap bisa tertib. Jadi Indonesia dikenal karena keislamannya.


Maka sudah selayaknya Islam terus menjaga Indonesia dengan kebaikan Islamnya. Sudah selayaknya umat Islam menyemai kebaikan untuk negeri tercinta Indonesia.

Selain itu umat Islam adalah umat Islam terbesar di dunia. Indonesia memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia, sekolah islam terbanyak di dunia, demikian juga dengan rumah sakit Islam dan lain-lain. Banyaknya lembaga-lembaga islam ini harus diikuti dengan peningkatan pemahaman keislaman kita. Sehingga kita tidak berfikiran sekuleristik, yang memisahkan dunia dengan agama.


Khusus tentang Ramadhan ini beliau menasihatkan agar bulan Ramadhan ini diisi dengan kerja yang berkelimpahan pahala. Interaksi dengan Al Quran ditingkatkan. Karena bahasa Al Quran atau bahasa Arab bukanlah bahasa asing bagi umat Islam. Bahkan bahasa yang pertama kali didengar oleh seorang bayi adalah bahasa arab melalui adzan dan iqomah yang dikumandangan ayahnya.

Demikian taujih DR. Hidayat Nur Wahid. Setelah sholat ashar berjamaah, jamaah antusias bersalaman dengan beliau dan beberapa orang mengajak berfoto bersama.

Laporan: Choirul Asyhar

0 Response to "HNW: Karena Islam Indonesia Dihargai Dunia"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: