PKS Cikarang Timur Mengadakan Tarhib Ramadhan


Masjid Al Kautsar yang terletak di sector Lavender Perum Graha Asri adalah batas strategis antara Cikarang Timur dan Cikarang Utara. Ahad pukul 15.30 wib atau ba’da sholat Ashar (17/07) kader PKS CITI (PKS Cikarang Timur) & PKS CITRA (PKS Cikarang Utara) mengadakan kajian tastqif, guna menyambut bulan suci Ramadlan. 

Dengan hadir ikhwan dan akhwat yang hampir mencapai angka 100 peserta ini, diisi oleh ustadz yang cukup terkenal di wilayah Bekasi, Ustadz Zaenal Muttaqien Lc. Beliau mengangkat tema perihal yang perlu diperhatikan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.
Inilah beberapa kutipan taujih Ustadz Zaenal Muttaqien Lc,
Alloh Swt berfirman dalam QS Al Baqoroh ayat 183:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Ada 2 aspek yang terkandung dalam surat tersebut, yaitu:
  • -        Aspek keimanan dan aspek ketaqwaan.
Puasa adalah salah satu rukun Islam, dan puasa Ramadhan adalah hukumnya wajib. Wajib dalam hal ini adalah untuk orang-orang yang beriman dan supaya kita lebih bertaqwa.
Shahabat rasululloh yang bernama Umar bin Khattab pernah mengatakan bahwa taqwa adalah suatu sifat kehati-hatian, hati-hati dalam melakukan suatu perbuatan agar tidak terjerumus dalam dosa. Sejarah para sahabat merupakan contoh ideal untuk memotivasi kita supaya lebih bertaqwa. Banyak amalan-amalan unggulan yang mereka laksanakan hingga rasululloh saw mengatakan beberapa sahabat yang terompahnya telah terdengar ke surga. Amalan-amalan unggulan inilah yang menjadikan para sahabat rasululloh tidak diragukan lagi ketaqwaannya. 
Ustadz Zaenal Muttaqien Lc juga menyampaikan beberapa amalan-amalan yang pahalanya dilipatgandakan oleh Alloh SWT, seperti:
Tilawatil Quran dan mendatangkan kebaikan bagi orang lain, Alloh SWT melipat gandakan sepuluh kebaikan pahala. Berinfaq dalam QS 2-261 yang dilipatkan pahalanya oleh Alloh SWT hingga 700 kali lipat. Lalu amalan yang pahalanya dilipatkan hingga 1000 kali dan mendapat istana disurga adalah amalan ketika kita masuk pasar kita selalu membaca doa dan terus mengingat Alloh SWT. Lalu puasa, amalan puasa tanpa batas. Artinya puasa hanyalah Alloh yang menentukan sendiri berapa Dia akan melipatgandakan pahala seseorang yang sedang berpuasa. 
Amalan puasa tergantung tingkat puasa itu sendiri, ada yang puasa awam yaitu puasa hanya menahan lapar dan dahaga. Ada puasa khusus, yaitu dia sudah bisa mengendalikan pancainderanya. Dan yang teratas adalah puasa super khusus, orang yang melakukan puasa ini sudah bisa memilih mana perbuatan yang didalamnya terkandung pahala dan sebaliknya.
Namun untuk mencapai tingkat puasa super khusus, Ustadz Zaenal Muttaqien Lc menyampaikan beberapa hal persiapan menjelang Bulan Ramadhan. Ada 4 yaitu:
1)    Persiapan Ruhiyah, perbanyaklah tilawah Quran, Qiyamullail, puasa sunnah dan ibadah mahdoh lainnya.
2)   Persiapan Fisik, berolahraga rutin, makan yang bergizi, hindari hal-hal yang dapat merusak tubuh kita.
3)   Persiapan Ilmu, ikuti kajian-kajian dan banyak-banyak membaca fiqih sunnah.
4)   Persiapan Harta.
Tastqif ini diakhiri dengan doa sesaat sebelum adzan Maghrib berkumandang. Dan dari semua rangkaian kajian tersebut, sangatlah perlu kita kembali benahi diri kita untuk menyambut tamu agung yaitu Bulan Suci Ramadhan.

------------MARHABAN YAA RAMADHAN--------------




0 Response to "PKS Cikarang Timur Mengadakan Tarhib Ramadhan"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: