Pengganti Usamah

Afiliasi gerakan Al-Qaidah di Irak telah berjanji setia kepada Ayman Al Zawahiri untuk mengisi posisi kosong kepemimpinan Al- Qaidah setelah terbunuhnya Usamah Bin Ladin, Al Arabiya TV melaporkan pada hari Senin kemarin (9 /5). 


"Saya katakan kepada saudara-saudara kami bahwa Al Qaidah saat ini dipimpin oleh Ayman Al Zawahiri, lanjutkan perjuangan dengan berkat Allah dan bangga bahwa Anda telah menjadi saudara setia di Negara Islam Irak yang berjalan di jalan yang benar," kata Abu Bakar Al Baghdadi, pimpinan Negara Islam Irak ( ISI) dalam pernyataannya yang diposting di Internet. 

Al-Qaidah di Semenanjung Arab dan Al-Qaidah di Maghreb Islam sampai saat belum mengumumkan dukungan mereka secara resmi untuk kepemimpinan Al-Qaidah dijabat oleh Ayman Al Zawahiri. Farraj Ismail, seorang ahli dalam urusan kelompok-kelompok Islam yang telah bertemu baik Zawahiri dan Bin Ladin mengatakan kepada Al Arabiya bahwa dukungan Al-Qaidah di Irak untuk Zawahiri sesuatu yang "tidak mengejutkan." "Al-Qaidah di Irak tidak begitu berpengaruh dalam pengambilan keputusan dalam jaringan dibandingkan dengan beberapa cabang lain dari Al-Qaidah di seluruh dunia," kata Ismail, yang merupakan Editor dari situs Al Arabiya, Senin malam kemarin (9 /5). 

"Al-Qaidah di Irak tidak berada di level yang sama dengan Al- Qaidah di Jazirah Arab atau Al-Qaidah di Maghreb Islam. Dua yang terakhir ini belum memutuskan apakah akan mendukung Zawahiri atau tidak karena Zawahiri bukan orang Saudi dan karena ada beberapa konflik lama dengan sayap yang dipimpin Zawahiri di Al Qaidah," kata Ismail. "Selain itu, Zawahiri adalah orang yang menunjuk Abu Hamzah Al Muhajir dan Abu Ayyub Al Masri [keduanya warga Mesir] untuk memimpin Al Qaidah di Irak setelah pembunuhan atas pemimpin Abu Musab Al Zarqawi yang terjadi pada bulan Juni 2006 ," tambah Ismail. (fq/aby)

0 Response to "Pengganti Usamah"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: