>>>

Zero Waste Itu Mudah, hal Kecil Dari Kegiatan PKS Cikarang Timur


PKSCikarangTimurSebagian dari kita mungkin tidak familiar dengan istilah zero waste. Oleh karenanya, iftitah dari tulisan singkat ini akan menjelaskannya.

Zero waste adalah sebuah rangkaian aktifitas dimana kita mengusahakan agar tidak ada barang yang kita pakai menjadi sampah yang membebani bumi. Rangkaian kegiatan itu berupa refuse, reduce, recycle, reform dan reuse. 

Sebelum kegiatan Berbagi sehat Cintai Bumi yang diadakan oleh Bidang Perempuan (BidPuan) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Cikarang Timur digelar pada Sabtu (22/8) Dengan sedikit memaksa kita sepakat tidak menggunakan kardus, plastik atau minuman kemasan untuk konsumsi kegiatan. Banyak yang berkerut menimbang karena tidak terbiasa dan menganggap tidak praktis atau instan seperti kebiasaan kita pada umumnya.

Namun alhamdulillah, kegiatan tetap maju terus. Dan memang harus mau repot sedikit, ini  demi mencontohkan, dan undangan pun mau mengikuti.

Catatan yang bisa saya garis bawahi adalah :

1. Kita bisa REFUSE, no styrofoam, no plastic, no paper
2. Kita bisa REUSE, semua hadiah dibungkus dan dihias dari barang second yang disimpan rapi di rumah
3. RECYCLE, semua lomba menggunakan barang bekas dan menghasilkan barang lain yang bisa dipakai sehari hari
4. REFORM, kita mampu menyajikan snack tanpa harus ikut arus kekinian
5. REDUCE, dan inilah yang paling kita tunggu. Dari seluruh rangkaian kegiatan, sampah yang dihasilkan tidak sampai setengah plastik sampah hitam ukuran 75 cm. Allahu Akbar.

Jadi, tagline Cintai Bumi sudah berhasil kita perkenalkan dan butuh disempurnakan karena masih ada yang belum dilaksanakan, yaitu :

1. Anjuran membawa gelas dan piring kecil dari plastik yang aman belum dilaksanakan sehingga masih harus membeli gelas dan piring kertas yang saat ini kami simpan untuk dilakukan recycle
2. Pilah sampah sejak awal belum disosialisasikan
3. Kepedulian kebersihan belum tergugah. Misalnya ada sampah terjatuh atau terserak masih tidak peduli. Kalau istilah anak saya Pasukan Semutnya sedang kalah perang.

Ini adalah coretan hal kecil tentang kegiatan Berbagi Sehat Cintai Bumi, Semoga bermanfaat.

Manusia adalah khalifah di bumi, Muslim adalah rahmat bagi alam.
Jadi, manusia yang mengaku muslim tapi nyampah itu "TERLALU".

dr. Emy Tri Dianasari, SpOG
Owner:
Klinik Isykarima
Bank Sampah Graha Asri (BSGA)





 

0 Response to "Zero Waste Itu Mudah, hal Kecil Dari Kegiatan PKS Cikarang Timur"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: