Web PKS Cibitung, Bekasi "Mencuri"

Setelah sebelumnya pada tanggal 2 April 2014 yang lalu kami merilis 8 media online PKS yang memiliki Ranking Alexa cukup baik, kali ini kami merilis kembali Ranking Alexa yang berhasil ditempati oleh media-media online PKS dengan menambahkan dua "pendatang" baru yakni web www.pkscibitung.wordpress.com yang dimiliki oleh DPC PKS Cibitung, Kabupaten Bekasi dan www.pks-jakarta.or.id yang dimiliki oleh DPW PKS Jakarta.

Khusus untuk web PKS Cibitung sungguh diluar dugaan, karena telah berhasil "mencuri" posisi Ranking di alexa.com. Sebelumnya Ranking Alexa web PKS Cibitung masih jauh sehingga belum kami masukkan ke dalam daftar media online PKS yang memiliki Ranking Alexa cukup baik. Akan tetapi hari ini (6/4/2014), web PKS Cibitung telah menunjukan performance yang sesungguhnya. PKS Cibitung berhasil menungguli web-web lainnya bahkan yang satu wilayah dengan PKS Cibitung di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ada hal menarik yang perlu dicermati disini yakni, ada 3 web yang dimiliki oleh DPC PKS (tingkat kecamatan) yakni PKS Piyungan (Piyungan adalah nama kecamatan di Kabupaten Bantul, Jogjakarta), PKS Nongsa (Nongsa adalah nama kecamatan di Kota Batam, Kepulauan Riau) dan PKS Cibitung (Cibitung juga nama sebuah kecamatan di Kabupetan Bekasi, Jawa Barat). Sementara ada 3 web PKS yang masuk dalam daftar 10 besar, akan tetapi bukan termasuk web struktur PKS. Ketiga web tersebut dimasukkan ke dalam daftar karena menggunakan nama PKS sebagai nama domain-nya.

Sebagaimana kita ketahui bersama ukuran popularitas sebuah media online sangat ditentukan dengan seberapa baik ranking alexa-nya. Alexa Rank membandingkan suatu situs dengan semua situs yang berada di jaringan Internet. Perhitungan Alexa rank ini dengan cara mengkombinasikan rata–rata visitor suatu situs perhari dan jumlah halaman suatu website yang dibuka oleh visitor. Suatu website yang berada di tingkat alexa tertinggi mempunyai Alexa Rank 1, atau dengan kata lain semakin kecil berarti semakin bagus Alexa ranking nya.

Menurut saya, ranking alexa yang baik mutlak diperlukan oleh media online termasuk puluhan media online yang dimiliki oleh PKS tersebut. Namun sayangnya berdasarkan pengamatan saya, masih banyak media online PKS tersebut yang tidak memiliki ranking alexa yang bisa dikategorikan baik.

Berikut 10 media online atau web PKS yang memiliki Ranking Alexa di Indonesia yang cukup baik:

1. www.pkspiyungan.org = 341
2. www.pks.or.id = 2.805
3. www.pksnongsa.org = 7.264
4. www.pkssumut.or.id = 8.240
5. www.pkstv.com = 9.138
6. www.pks-kreatif.com = 9.425
7. www.kabarpks.com = 14.075
8. www.pksjateng.or.id = 15.717
9. www.pkscibitung.wordpress.com = 15.737
10. www.pks-jakarta.or.id = 29.011

Ranking Alexa diatas diambil per tanggal 6 April 2014.Perubahan ranking alexa ini sangat dinamis. Bisa saja hari ini sebuah web ranking alexa-nya mengecil (naik) atau sebaliknya bisa membesar (menurun).

Kepada teman-teman pengelola media online PKS untuk lebih mempedulikan lagi ranking alexa ini, meskipun ini bukan tujuan utama kita. Namun, jika ranking alexa media-media online PKS membaik, tentu informasi yang disajikan oleh media-media online tersebut semakin mampu mewarnai jagad raya pemberitaan di Indonesia bahkan dunia.

Salam semangat temans...

By: Abu Raihan

0 Response to "Web PKS Cibitung, Bekasi "Mencuri""

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: