7 Perusahaan dan 3 Rumah Sakit Cemari Kali Cikarang


SUSURI KALI : Tim Badan Pengendalian Lingkungan Hidup ketika menyusuri Kali Cikarang kemarin. Risky/Radar Bekasi
Cikarang Barat – Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi membeberkan ada tujuh terusahaan, dan tiga rumah sakit yang mencemari Kali Cikarang, termasuk Pasar Cikarang dan rumah tangga.

Ini mengemuka saat dilakukan penyusuran Kali Cikarang, Kamis (22/9) bersama anggota DPRD Kabupaten Bekasi, pihak perusahaan, LSM dan wartawan. Penyusuran dilakukan sepanjang tujuh Kilometer dengan waktu tempuh mencapai empat jam.


Dalam penyusuran Kali Cikarang yang menggunakan enam perahu karet, BPLH mengambil sampel air Kali Cikarang dan beberapa sampel saluran pembuang milik perusahaan besar dan kecil yang diduga ikut mencemari Kali Cikarang.
Kepala BPLH Kabupaten Bekasi Roni Harjanto mengatakan, Kali Cikarang sudah mengalami pencemaran sangat parah. Limbah tersebut kata Roni berasal dari PT Gunung Garuda,  Fajar Paper, Jababeka, Rumah Sakit Bhakti Husada, RS karya Medika, RS Ibu dan Anak Rido Kasalma, PT Sinta Budrani, Pabrik Tahu Purnama, SGC, pasar lama Cikarang, Cikarang Listrindo dan limbah rumah tangga.
“Kami akan melakukan pengecekan mendalam, apakah penyumbang limbah tersebut memiliki instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) atau mereka memiliki Ipal namun tidak memfungsikannya dan langsung membuang ke Kali Cikarang,” papar mantan Kadishub dan Kasatpop PP Kabupaten Bekasi ini.
Roni juga menegaskan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian jika ada pelanggaran yang dilakukan perusahaan dan mencemari Kali Cikarang. Menurutnya, perusahaan yang merusak lingkungan sudah melanggar tindak pidana, banyak pelanggaran yang merugikan berbagai pihak.
Untuk mengatasi pencemaran Kali Cikarang, tambah Roni salah satunya dengan menambah debit air Kali Cikarang. BPLH juga akan meminta PJT II untuk menambah debit air pada hari tertentu, sehingga endapan limbah bisa terbawa dan tidak mengendap.

“Sampai hari ini kami juga tidak mengetahui berapa debit air yang harus ada di Kali Cikarang, makanya penyusuran kali ini memberikan manfaat dan informasi bagi kami untuk mengatasi pencemaran,” terangnya.

“Kami ingin Kali Cikarang bersih dan bukan menjadi tempat buangan limbah dan sampah,” kata adik kandung Bupati Bekasi Sa’duddin ini.

sumber: 
Risky/Radar Bekasi

0 Response to "7 Perusahaan dan 3 Rumah Sakit Cemari Kali Cikarang"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: