Sa’duddin Beton

Judul di atas sama sekali tidak bermaksud menghina bupati kab Bekasi tetapi sekedar memberi julukan. Mudah2an saudara Bupati yg terhormat tidak tersinggung, sebagaimana Dadang Muhtar bupati karawang tidak tersinggung sama sekali dijuluki “Dadang Hotmix”.


Kenapa saya memberi julukan Sa’dudin Beton? Beton adalah campuran semen plus material lain kemudian dicetak menjadi bangunan. Bangunan gedung atau sipil. Dalam hal “sadudin beton”, terutama berkaitan dengan pengerasan jalan dengan cara “mengecor” dengan adukan beton. Makanya di bekasi ada istilah “jalan di cor” maksudnya diberi lapisan beton. Berbeda dengan Dadang Muhtar mengeraskan jalan dengan campuran aspal & kerikil panas atau hot mix, Sadudin memilih beton.

Kenapa sampe perlu diberi julukan? Bolek dikata upaya pengerasan jalan, termasuk jaling, oleh pemda bekasi berjalan cukup intensif. Setelah sempat terkesan lelet selama satu tahun pertama pemerintahannya, sa'duddin , nampak ingin memberi kesan sungguh-sungguh memperhatikan rakyatnya. Proyek yg paling nyata kelihatan adalah perbaikan jalan. Boleh dikata, kubangan kerbau yang biasanya sering kita jumpai di tengah jalan, sekarang hampir tidak ada. Inilah prestasi yang lumayan.

Sepintas yang saya lihat, manfaat pembangunan jalan itu cukup dirasakan masy. Soal itungan ekonomis dan administratifnya (penyimpangan atau korupsi), saya tdk tahu. Tapi nampaknya, perencanaan teknisnya kurang komprehensif. Maklum, seperti biasanya dikejar tayang.

Penyakit umum yang sering kita jumpai di Indonesia (bukan cuma Bekasi) adalah pekerjaan yang berorientasi proyek, bukan pembangunan. Kalo orientasinya pembangunan maka perlu direncanakan secara matang. Misalnya bikin jalan perlu juga dipikirkan pembangunan riolnya, supaya air tdk menggenang. Jika orientasinya proyek, yang penting ada pekerjaan dan penyediaan anggaran. Jika anggaran tersedia, syukur alhamdulillah ada yg bisa disisihkan sebagian, untuk teman dan anak istri.

http://sosbud.kompasiana.com/2010/02/28/sadudin-beton/

0 Response to "Sa’duddin Beton"

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda: